KOLONIALISME dan IMPERIALISME

Jumat, 05 Agustus 2016

 

Kolonialisme dan Imperialisme sudah membuat para leluhur bangsa kita menjadi tersiksa, penjajahan yang mereka lakukan terhadap bangsa indonesia mungkin masih bisa kita rasakan sampai sekarang walau bukan secara fisik Kolonialisme dan Imperialisme ini juga menjadi Sejarah Pemburuan Mutiara dari Timur

PENGERTIAN KOLONIALISME DAN IMPERIALISME - Kolonialisme dan Imperialisme adalah Praktik penjajahan yang dilakukan oleh bangsa Barat terhadap suatu bangsa dapat dibedakan menjadi dua pengertian, yaitu kolonialisme dan imperialisme

  • Pengertian Kolonialisme Kolonialisme adalah suatu usaha untuk melakukan system permukiman warga dari suatu Negara di luar wilayah Negara individunya atau Negara asalnya. Umumnya, wilayah koloni terletak di seberang lautan Negara induk yang kemudian dinyatakan sebagai daerah bagian dari Negara asal tersebut.

  • Pengertian Imperialisme Imperialisme adalah usaha memperluas wilayah kekuasaan atau jajahan untuk mendirikan imperium atau kekaisaran. Menurut sifatnya, imperialism Dapat di bedakan menjadi dua, yaitu imperialisme Kuno dan imperialisme Moderen
Perbedaan Imperialisme dan Kolonialisme
Kolonialisme  Digunakan untuk menguasai sumber daya, Sedangkan
Imperialisme  Digunakan untuk memperluas kekuasaan

Sebab munculnya Kolonialisme dan Imperialisme :
  1. Adanya semangat penaklukan (reconquista) terhadap orang- orang yang beragama Islam
  2. Jatuhnya Kontantinople. Ibu kota Imperium ke tangan Dinasti Usman Turki
  3. Adanya Keinginan mengetahui lebih jauh mengenai rahasia semesta. keadaan geografi, dan bangsa - bangsa yang tinggal di belahan bumi lain
  4. Adanya keinginan mendapatkan rempah - rempah
  5. Kisah penjelajahan Marcopolo (1254 - 1324). Seorang pedagang dari Venesia, Italia ke Cina yang dituang ke dalam buku Book of Various Experience
  6. Ingin memperoleh keuntungan/kekayaan sebanyak - banyaknya
  7. Adanya teori Copernicus dan Galileo Galilei
  8. Ambisi 3G yaitu Gold, Glory dan Gospel

Latar Belakang Kolonialisme dan Imperialisme Barat
Kolonialisme dan Imperialisme  mulai berkembang sekitar abad ke-15 yang di awali dengan adanya gejala pembaruan di Eropa di bidang ekonomi, politik, social, maupun budaya dalam bentuk gerakan Renaisans dan Humanisme yang berpikir maju.

Alasan suatu bangsa melakukan Imperialisme :
  • Keinginan menjadi bangsa yang kuat dan terbesar didunia
  • Keinginan mencapai kejayaan
  • Keinginan mendapatkan daerah yang luas dan strategis
  • Keinginan mendapatkan ideologi
  • Perasaan memiliki martabat yang paling tinggi
  • Keinginan untuk menimbun kekayaan

Imperialisme dibedakan menjadi 2 yaitu:
  1. Imperialisme Kuno adalah Imperialisme yang bertanggung sebelum revolusi industri, yaitu Portugis dan Spanyol dan Menjajah dengan menguasai wilayah, sumber daya jajahannya.
  2. Imperialisme Modern adalah Imperialisme yang berlangsung sesudah revolusi industri, yaitu Inggris dan Menjajah dengan pendidikan, ekonomi, budaya, perfilman, dll.

KEDATANGAN BANGSA EROPA KE INDONESIA

Kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia
Keinginan bangsa eropa untuk memperoleh kekayaan dan kesejahtraan hidup, mendorongkan untuk mendatangi negeri-negeri di Timur yang memiliki kekayaan. Agar dapat bmenguasai seluruh negeri-negeri tersebut, bangsa Eropa melakukan aksi perebutan kedaulatan dan kemerdekaan.


Nama Penjelajah Bangsa Protugis dan spanyol
Penjelajahan Portugis yang Melayari Dunia pada Abad 15 – 16
  1. Vasco da Gama (1497 – 1498)
  2. Bartholomeus Diaz (1486)
  3. Pedro Alvares Cabral (1500)
  4. Alfonso d’Albuquerques (1505)
  5. Franciscus Xaverius (1550)
Penjelajahan Spanyol yang Melayari Dunia pada Abad 15 - 16
  1. Columbus
  2. Francisco Pizarro
  3. Ferdinan Cortez

Bangsa Belanda Menjajah Indonesia
Proses Penjajahan bangsa Belanda terhadap Indonesia. Pada saat perang dunia ke 11 bangsa Jepang masuk dan merebut indonesia dari kekuasaan Belanda. Penjajahan bangsa Belanda di Indonesia, diawali oleh berdirinya persekutuan dagang Hindia Timur atau Vereenigde Oost Indische Compagnie (VOC)

Masa VOC Vereenidge Oost Indische Compagnie
Penjajah Belanda, Cornelis de Houtman, mendarat kali pertama di Indonesia pada tahun 1596. Rombongan mendarat di Banten dengan alasan untuk berdagang. Bangsa Belanda bersikap kurang bersahabat sehingga mereka diusir dari banten.
Cornelis de Houtman beserta rombongan kemudian melanjutkan pelayarannya kearah timur menelusuri pantai Pulau Jawa hingga tiba di Pulau Bali.

*Ternate memanfaatkan bangsa Spanyol untuk mengamankan lokasinya dari para bajak laut dan pelaut, karena bangsa Spanyol kuat dengan armadanya.
*Pemimpin pelaut Spanyol(1521) yang memanfaatkan Ternate adalah Magelhaens del Cano

sekian dari postingan perdana ini..

Semoga Bermanfaat ^-^

1 komentar:

Anonim mengatakan...

youtube : vimeo : Watch & play with a real user
Find a video where to stream sports, eSports, esports or any sport legally in 360 degree youtube to mp3 video. Watch and play live sports like

Posting Komentar